Deteksi dan Solusi Masalah Umum Papan Sirkuit PCB

- 2021-11-10-

Deteksi dan solusi masalah umumpapan sirkuit PCB
Umumpapan sirkuit PCBkegagalan terutama terkonsentrasi pada komponen, seperti kapasitor, resistor, induktor, dioda, trioda, tabung efek medan, dll. Chip terintegrasi dan osilator kristal jelas rusak, dan cara yang lebih intuitif untuk menilai kegagalan komponen ini dapat dilakukan melalui Mata untuk mengamati. Ada bekas luka bakar yang jelas di permukaan komponen elektronik yang jelas-jelas rusak. Kegagalan tersebut dapat diatasi dengan langsung mengganti komponen yang bermasalah dengan yang baru.
Tentu saja, tidak semua kerusakan komponen elektronik dapat diamati secara kasat mata, seperti resistor, kapasitor, dioda, dan lain-lain yang telah disebutkan di atas. Dalam beberapa kasus, kerusakan tidak dapat dilihat dari permukaan, dan perlu diperbaiki dengan alat inspeksi profesional. Pemeriksaan yang biasa digunakan antara lain: multimeter, capacitance meter, dll, ketika tegangan atau arus komponen elektronik tertentu terdeteksi berada di luar kisaran normal, hal itu menandakan adanya masalah pada komponen atau komponen sebelumnya. Ganti langsung dan periksa untuk melihat apakah itu normal.
Jika komponen rusak, dapat dideteksi apakah diamati dengan mata atau dideteksi dengan instrumen, tetapi terkadang ketika kita memberikan komponen pada papan PCB, kita akan menemui masalah yang tidak dapat dideteksi, tetapi papan sirkuit tidak berfungsi dengan baik. Kasus. Banyak pemula menghadapi masalah seperti ini dan tidak punya pilihan selain membuat papan baru atau membelinya. Faktanya, dalam situasi ini, dalam banyak kasus, kinerja komponen mungkin tidak stabil karena kerja komponen yang terkoordinasi selama proses pemasangan.
Dalam hal ini, instrumen tidak lagi membantu. Anda dapat mencoba untuk menilai kemungkinan jangkauan kesalahan berdasarkan arus dan tegangan, dan mencoba untuk menguranginya sebanyak mungkin. Insinyur yang berpengalaman mungkin dapat dengan cepat menentukan area kesalahan, tetapi komponen spesifik mana yang rusak. Tetapi tidak 100% yakin. Satu-satunya cara adalah mencoba mengganti komponen yang mencurigakan hingga ditemukan komponen yang bermasalah.
PCB circuit board