Prinsip Desain Papan Multi-Lapisan PCB

- 2021-11-10-

Prinsip desain dariPCBpapan multi-layer
Ketika frekuensi clock melebihi 5MHz, atau waktu naik sinyal kurang dari 5ns, untuk mengontrol area loop sinyal dengan baik, umumnya perlu menggunakan desain papan multi-layer (kecepatan tinggiPCBs umumnya dirancang dengan papan multi-layer). Saat mendesain papan multilayer, kita harus memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
1. Lapisan pengkabelan kunci (lapisan di mana jalur jam, bus, jalur sinyal antarmuka, jalur frekuensi radio, jalur sinyal reset, jalur sinyal pemilihan chip, dan berbagai jalur sinyal kontrol berada) harus berdekatan dengan bidang dasar yang lengkap, sebaiknya antara dua bidang tanah. Garis sinyal kunci umumnya adalah radiasi yang kuat atau garis sinyal yang sangat sensitif. Pengkabelan yang dekat dengan ground plane dapat mengurangi area loop sinyal, mengurangi intensitas radiasi atau meningkatkan kemampuan anti-interferensi.
2. Bidang daya harus ditarik relatif terhadap bidang tanah yang berdekatan (nilai yang disarankan 5Hï½20H). Pencabutan bidang daya relatif terhadap bidang tanah baliknya dapat secara efektif menekan masalah "radiasi tepi". Selain itu, bidang daya kerja utama papan (bidang daya yang paling banyak digunakan) harus dekat dengan bidang dasarnya untuk secara efektif mengurangi area loop arus catu daya.
3. Apakah tidak ada garis sinyal â¥50MHz pada lapisan ATAS dan BAWAH papan. Jika demikian, yang terbaik adalah mengarahkan sinyal frekuensi tinggi di antara dua lapisan bidang untuk menekan radiasinya ke ruang angkasa. Jumlah lapisan papan multi-layer tergantung pada kompleksitas papan sirkuit. Jumlah lapisan dan skema susunan dari desain PCB bergantung pada biaya perangkat keras, pengkabelan komponen kepadatan tinggi, kontrol kualitas sinyal, definisi sinyal skematik, danPCBbaseline kemampuan pemrosesan pabrikan Dan faktor lainnya.
PCB