Kameranya diretas? Apa yang harus saya lakukan untuk menghindari siaran langsung?

- 2022-11-09-

Saat ini, orang menjadi semakin sadar akan tindakan pencegahan keamanan. Banyak orang memasang kamera di rumah mereka untuk melihat apa yang terjadi setiap saat, yang dapat mencegah pencuri saat tidak ada orang atau untuk menjaga anggota keluarga seperti orang tua.



Namun, dengan popularitas kamera, semakin banyak orang menjadi lebih khawatir tentang masalah privasi mereka. Mereka akan khawatir tentang kecelakaan tanpa bukti untuk diperiksa. Jika mereka memasang kamera, mereka akan khawatir diretas.



Pertama, ada dua jenis kamera pemantauan di pasaran. Salah satunya adalah pemantauan lokal, tidak perlu terhubung ke jaringan apa pun. Ini berisi kamera, perekam video dan hard disk lokal. Pemantauan jenis ini relatif aman, karena selama jaringan tidak terhubung, tidak ada intrusi jarak jauh.



Jenis kedua adalah pengawasan nirkabel, yang biasanya dipasang di rumah atau bisnis dan dapat dilihat kapan saja di ponsel atau komputer melalui jaringan nirkabel.

Dan situasi kedua ini, sangat mudah untuk mengungkapkan privasi pribadi. Umumnya kamera rumah harus dibagi dengan jaringan nirkabel rumah. Setelah seseorang mengetahui kata sandi nirkabel, itu dapat menyerang kamera Anda untuk memeriksa pengawasan.



Meskipun peretasan kata sandi nirkabel mungkin memiliki ambang batas tertentu untuk orang biasa, ini adalah hal yang mudah bagi peretas. Setelah kata sandi nirkabel diretas, mereka bisa mendapatkan alamat IP atau perekam hard disk. Jika kata sandi kamera terlalu sederhana atau Anda menggunakan kata sandi default, itu akan menjadi omong kosong bagi orang jahat.



Beberapa orang bahkan membuat perangkat lunak pembobol kamera rumahan untuk dijual demi keuntungan. Perangkat lunak cracking ini akan meretas IP jaringan rute rumah Anda, lalu menyerang jaringan, dan terakhir mengontrol kamera untuk memotret, mengambil gambar, dan perilaku lainnya.




Singkatnya, selama produk terhubung ke Internet, ada risiko intrusi, lalu bagaimana cara menghindari risiko tersebut?

Pertama, coba pilih kamera penyimpanan lokal yang tidak terhubung ke Internet, yang dapat sangat mengurangi risiko kebocoran privasi. Kedua benar-benar jika untuk menghemat masalah dan memilih kamera Internet, maka dalam pemasangan kamera juga harus mencoba memilih kualifikasi keamanan produk, dengan fungsi enkripsi peralatan, yang terbaik adalah memiliki fungsi otentikasi ganda.

Dengan kata lain, otentikasi kata sandi dan kode verifikasi ponsel diperlukan saat masuk ke perangkat. Jangan mengatur kata sandi terlalu sederhana saat mengatur kata sandi. Sebaiknya ganti password secara berkala.



Cara lainnya adalah menghindari memasang kamera di area pribadi seperti kamar tidur atau kamar mandi dan menghindari melakukan hal-hal aneh di tempat-tempat yang dapat dipantau oleh kamera. Mengapa kamera diretas terutama karena distorsi mental seseorang, dan jika mereka menemukan bahwa kontennya polos, kecil kemungkinan Anda akan diserang nanti. Jika tidak, bahkan jika Anda mengubah kata sandi, Anda akan membangkitkan âinsentif orang lain untuk melanjutkan peretasan.