Sistem linux Rockchip RK3399 secara resmi open source, berlaku untuk ratusan industri

- 2023-08-09-

Rockchip mengumumkan bahwa sistem Linux RK3399 secara resmi open source. RK3399 adalah salah satu andalan Rockchip dengan kinerja tinggi, ekspansibilitas tinggi, dan aplikasi universal.


Setelah kode sumber dibuka, RK3399 yang lebih terbuka akan cocok untuk aplikasi di ratusan industri seperti papan tulis elektronik, tas sekolah elektronik, peralatan pengenalan wajah, kendaraan udara tak berawak, robot, konsol game, periferal game, server hang-up ponsel. , peralatan rumah tangga, mesin periklanan/mesin all-in-one, POS keuangan, kendali yang dibawa kendaraan, klien tipis (layanan cloud), sistem konferensi video VOIP, tablet pendidikan, hiburan karaoke, perawatan medis, layanan keamanan/pemantauan/polisi, kontrol industri, bidang internet IoT, video VR dan VR.


CPU RK3399 mengadopsi struktur big.LITTLE dengan dual-core Cortex-A72 dan quad-core Cortex-A53. Memimpin dalam keseluruhan kinerja dan konsumsi daya, GPU mengadopsi Mali-T860, prosesor gambar kelas atas quad-core ARM generasi baru yang mengintegrasikan lebih banyak teknik kompresi bandwidth untuk memberikan kinerja keseluruhan yang luar biasa.



Berdasarkan diagram bingkai sistem perangkat keras RK3399, terdapat banyak sekali antarmuka:

1. Antarmuka Tipe C USB3.0 ganda, mendukung Port Tampilan Tipe C

2. Antarmuka Kamera MIPI ganda dan ISP ganda, mendukung maksimum 13 megapiksel untuk saluran tunggal

3. Antarmuka MIPI/eDP/HDMI2.0, mendukung output tampilan 4,096x2,160 dan fungsi layar ganda & tampilan diferensial

4. Antarmuka PCI-e bawaan, mendukung Wi-Fi berkecepatan tinggi dan ekstensi penyimpanan berbasis PCI-e

5. Mendukung input rangkaian mikrofon digital 8 arah

6. eMMC5.1 HS400

Berdasarkan prosesor gambar kelas atas ARM Mali-T860, Rockchip juga membuka berbagai Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) secara bersamaan, termasuk OpenGL ES 1.2, 1.1,2.0, 3.1, 3.2, Vulkan 1.0, OpenCL 1.1, 1.2 dan enderScript.

Rockchip telah membangun platform dukungan RK3399 di github dan wikidot untuk menyediakan pengunduhan kode sumber, dokumentasi teknis dan layanan dukungan serta layanan dukungan lainnya seperti referensi desain perangkat keras dan papan pengembangan.



Wikidot:http://rockchip.wikidot.com/


github:https://github.com/rockchip-linux


Karakteristik kinerja tinggi, ekspansibilitas tinggi, dan aplikasi universal platform RK3399 dapat ditemukan dari dua kasus aplikasi produk terminal sumber terbuka.

Produk terminal hiburan rumah berdasarkan platform RK3399 memimpin dalam antarmuka multi-display, GPU, decoding audio dan video, interkoneksi dengan banyak terminal serta interaksi manusia-komputer.



Namun demikian, layar VR yang dipasang di kepala berdasarkan RK3399 dapat mencapai latensi kurang dari 20ms dengan algoritma yang dioptimalkan dan sementara itu mencapai kecepatan refresh 90Hz, decoding 4K UHD, dan kemampuan penguraian video ultra HD H.265/H.264. Antarmuka Tipe C atau HDMI+USB dan layar VR eksternal yang dipasang di kepala menghadirkan pengalaman realitas virtual yang mendalam pada produk.

Pembukaan antarmuka dan sistem sumber RK3399 tidak hanya baik bagi produsen peralatan terminal untuk mencapai tata letak lini produk global, produksi massal yang cepat, pengendalian biaya dan penerapan teknologi dengan satu chip, namun sistem sumber terbuka dapat memenuhi permintaan produsen terminal untuk individuasi dan perbedaan, benar-benar memecahkan masalah dalam rantai industri dan memberikan nilai besar bagi pengembangan perangkat keras cerdas global.