Apa tren perkembangan PCB di masa depan?

- 2021-07-06-

Dari mana datangnya papan sirkuit tercetak hari ini?

Untuk manufaktur PCB dan pasar perakitan PCB, rangkaian angka ini sangat meyakinkan: sekitar 50% dari semua PCB yang diproduksi dan dirakit berasal dari Cina daratan, 12,6% dari Taiwan Cina, 11,6% dari Korea, dan kami mencatat bahwa 90% dari total produksi PCB dan PCBA berasal dari kawasan Asia Pasifik, dengan sisa dunia hanya 10%. Namun, baik Amerika Utara dan Eropa sekarang tumbuh, terutama karena biaya produksi di daerah tersebut mulai turun.

PCB baru seperti apa yang akan keluar?

Formaspace, pemasok terkemuka peralatan industri canggih yang memproduksi, merakit, dan menguji PCB, telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk mendengarkan pelanggannya dan menawarkan visinya untuk masa depan PCB. Menurut Formaspace, lima tren berikut akan menentukan masa depan PCB.

Tren 1: Substrat PCB dengan perlindungan ESD bawaan untuk mencegah masalah ESD selama perakitan dan pengujian.

Tren 2: Melindungi PCB dari peretas, misalnya, dengan menyematkan kunci enkripsi ke dalam substrat PCB.

Tren 3: PCB yang dapat menahan tegangan lebih tinggi, terutama karena kendaraan listrik murni membawa standar tegangan yang lebih tinggi (48 V, bukan 12 V).

Tren # 4: PCB dengan substrat yang tidak konvensional agar mudah dilipat, digulung, atau ditekuk (terlepas dari kurangnya kemajuan dalam teknologi ini, mereka menjadi semakin penting sejak munculnya layar melengkung).

Tren 5: PCB yang lebih hijau dan berkelanjutan, tidak hanya dalam hal penggunaan material (penghilangan timbal), tetapi juga untuk membantu mengurangi konsumsi daya perangkat yang ada di dalamnya.

Seperti apa pasar komponen pasif?
Menurut firma Riset Market Research Future, Pasar perangkat pasif diperkirakan akan tumbuh pada tingkat pertumbuhan rata-rata gabungan (CAGR) sekitar 6% dari 2018 hingga 2022, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Komponen pasif tidak hanya mencakup resistor, induktor, dioda , dll., Tetapi juga PCB itu sendiri. Bahkan, angka ini sangat sejalan dengan tingkat pertumbuhan yang dilaporkan oleh konsultan riset pasar Technavio.

Seperti apa pasar komponen aktif?
Pasar untuk perangkat aktif, seperti perangkat semikonduktor dan perangkat optoelektronik, akan tumbuh pada tingkat yang lebih cepat masing-masing 10% dan 6%, dari 2018 hingga 2022 dibandingkan dengan perangkat pasif (lihat Gambar 2). Semua ini terkait dengan miniaturisasi perangkat. Saat ini, ada permintaan besar hanya untuk sensor dan aktuator kecil, dan produk elektronik pintar mengadopsi teknologi MEMS dalam jumlah besar. Penggerak utama pasar perangkat aktif adalah smartphone, mobil, mesin industri, dan Internet of Things.

Metode produksi PCB baru apa yang diharapkan akan digunakan?
Formaspace juga menawarkan wawasan tentang metode baru produksi PCB, dan lini perusahaan PCB masa depan mungkin sangat berbeda dari cara kami memproduksi PCB saat ini.

Tren # 1: Tidak diragukan lagi bahwa di era smartphone dan penggunaan perangkat yang dapat dikenakan, PCB akan menjadi lebih kecil dan lebih kompak.

Tren 2: Karena mikrokontroler akan menjadi lebih pintar (misalnya, mereka dapat mengenali ketika sebuah objek di jalan adalah batu bata atau kotak kardus kecil), PCB harus beradaptasi dengan pembelajaran mesin jenis baru ini dan memfasilitasi metode pengujian kepatuhan baru.

Tren 3: Orang dapat dilatih untuk merakit dan menguji PCB baru menggunakan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Tren 4: Akronim "PCB" adalah singkatan dari "papan sirkuit tercetak", dan hari ini kata "pencetakan" memiliki arti baru. Pencetakan 3D PCB menjanjikan, misalnya, untuk substrat cetak sekali pakai, sensor, dan sirkuit prosesor.

Tren 5: Perakitan tangan akan berlanjut di masa mendatang. Bahkan untuk batch kecil, ada tren yang berkembang untuk perakitan mesin, yang dapat menghemat waktu, sementara miniaturisasi membuat perakitan manual hampir tidak mungkin dilakukan.