Model kerjasama "papan inti + papan bawah"

- 2021-08-12-

Dengan munculnya era otomatisasi dan digitalisasi, produk yang disematkan menjadi semakin populer di kalangan semua orang. Dari produk elektronik konsumen seperti komputer dan ponsel di sekitar, hingga peralatan medis di rumah sakit, peralatan kontrol di pabrik, dan bahkan peralatan elektronik pada satelit dan pesawat ruang angkasa, produk tertanam ada di mana-mana, dan semuanya terkait erat dengan kehidupan kita.

Produk yang disematkan adalah konsep yang sangat luas. Beberapa produk tertanam seukuran rumah, seperti beberapa peralatan kontrol industri besar; beberapa produk yang disematkan hanya seukuran telapak tangan kita, seperti ponsel biasa dan jam tangan pintar. Pada saat yang sama, produk yang disematkan seringkali memiliki fungsi yang kaya, seperti hiburan, komunikasi, kontrol cerdas, pengumpulan informasi, dan sebagainya. Jadi, di bawah penampilan dan fungsi yang mempesona ini, apa kesamaan mereka? Inti dari produk yang disematkan, unit pemrosesan pusat (disingkat CPU dalam bahasa Inggris), adalah inti internal namun terpadu dari berbagai manifestasi produk yang disematkan, dan ini juga merupakan kunci untuk fungsi yang kaya dari produk yang disematkan. Dari chip CPU kecil hingga semua jenis produk tertanam, tampaknya agak sulit dipercaya, jadi bagaimana CPU menjadi produk tertanam?

Produk tertanam umumnya dibagi menjadi perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras dapat secara sederhana dibagi menjadi tiga bagian: bagian chip CPU, bagian antarmuka chip periferal, dan peralatan eksternal. Bagian chip CPU dan bagian antarmuka chip periferal umumnya terintegrasi pada papan sirkuit yang disebut papan pengembangan; mereka juga dapat dipisahkan pada beberapa modul fungsional yang berbeda. Misalnya, bagian chip CPU dibuat menjadi papan inti dan bagian antarmuka chip periferal dibuat. Papan bawah, papan inti, dan papan bawah dirakit bersama untuk membentuk papan pengembangan yang berfungsi penuh. Perangkat lunak juga dapat dibagi menjadi dua bagian: sistem operasi dan program aplikasi. Empat bagian dari papan pengembangan, peralatan periferal, sistem operasi, dan program aplikasi bergabung menjadi produk yang disematkan dengan banyak fungsi dalam kenyataan.